Subaru Buang Mesin Enam Silinder

Tokyo, KompasOtomotif - Demi menjaga potensi pasar, Subaru akan mengeluarkan strategi perampingan line-up mesin yang dimilikinya saat ini. Kebijakan baru yang disiapkan adalah tidak lagi memakai mesin enam silinder untuk semua model.

Saat ini ada dua model yang menggunakan mesin boxer 3,6 liter, yaitu Outback dan Legacy. Dengan mesin tersebut, daya yang bisa dihasilkan mencapai 256 tk dan torsi 334 Nm. Pejabat Subaru menegaskan, nantinya baik Outback ataupun Legacy cukup memakai mesin empat silinder saja.

"Melihat domensi bodi, saya pikir mesin empat silinder 2,0 liter plusturbocharger sudah lebih dari cukup," jelas GM Teknis Subaru, Yoichi Hori, seperti dilansir CarAdvice, Selasa, (23/12/2014).

Hori menyebutkan plus-minus penggunaan mesin enam silinder. Menurutnya, mesin tersebut cukup andal dengan biaya perawatan lebih rendah dibandingkan mesin kecil empat silinder dengan turbo.

"Tapi, pemakaian mesin enam silinder sudah tidak relevan dengan kondisi pasar global yang berlomba mencari efisiensi bahan bakar," lanjut Hori lagi.

Subaru telah mengembangkan mesin turbo 2.0-liter empat silinder segaris, yang sudah dipakai di model Forester dan WRX. Secara torsi dan tenaga, mesin kecil ini dianggap mampu menyaingi angka output mesin 3,6 liter.